Valentino Rossi | Masalah Bahu Jadi Persoalan Utama Rossi | MotoGp Qatar

Debut Valentino Rossi bersama Ducati berlangsung kurang spektakuler. Pada seri perdana MotoGP 2011 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (20/3/11), "The Doctor", yang start dari urutan sembilan, hanya mampu finis di posisi tujuh.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/03/21/1750153620X310.jpg

Valentino Rossi mengatakan, masalah pada bahu menjadi alasan utama mengapa dia hanya bisa menempati peringkat sembilan kualifikasi GP Qatar, Sabtu (19/3/11) malam waktu setempat atau Minggu (20/3/11) . "The Doctor" tampaknya tak bisa tampil maksimal dalam debutnya di grand prix bersama Ducati di Sirkuit Losail.



Sebenarnya, Rossi sudah memberikan sinyal bakal kompetitif bersama Desmosedici GP11. Itu ditunjukkannya pada latihan bebas pertama, di mana dia berhasil masuk posisi enam.
Sayang, performa motor yang sudah mulai bagus tak dibarengi dengan kondisi fisik yang memadai. Rasa sakit di bahu akibat kecelakaan Motorcross pada awal 2010--meskipun sudah dioperasi pada pertengahan November tahun lalu--masih terus mengganggunya, sehingga dia tak bisa mendorong secara maksimal.


Juara dunia tujuh kali MotoGP ROSSI berkata "Saya pikir bahwa tanpa masalah di bahu, yang membuat saya kehilangan waktu 0,5 atau 0,6 detik, kami mungkin bisa berada di grid kedua hari ini, karena kami bisa memperbaiki pengesetan,"

"Hari ini saya bisa mengendarai GP11 dengan lebih baik, tetapi dengan menggunakan ban lunak pada akhir sesi, kekuatanku mulai hilang. Ketika saya berusaha membuat waktu lap terbaik, ada beberapa bagian di trek di mana saya tidak bisa menggeber motor secara maksimal.

"Meskipun demikian, kami bisa mendapatkan waktu yang bagus dan kami masih memiliki beberapa hal yang bisa dicoba saat pemanasan (pada pukul 22.00-22.20 WIB)."
Rossi yakin, hanya dua pebalap Honda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa, yang sulit disaingi oleh Ducati. Tetapi dia juga mengakui, kondisi bahunya akan turut menentukan performanya saat balapan nanti, yang berlangsung pukul 02.00 WIB atau 22.00 waktu setempat.

"Saya pikir, selama bahuku tak bermasalah, kami masih bisa kompetitif, selain dari dua pebalap Honda tersebut," ujar Rossi.
"Kami akan melihat bagaimana perkembangannya secara fisik pada paruh kedua balapan nanti, setelah 11 atau 12 lap."

Jika Rossi mengaku masih agak kompetitif, lain halnya dengan Nicky Hayden. Rekan setimnya tersebut sedih karena hanya mampu berada di peringkat 13. Padahal, mereka sudah mencoba pengesetan yang mirip dengan tahun lalu, tetapi tidak berhasil.

Sementara itu, rekan setim Rossi, Nicky Hayden, mengaku sulit untuk bersaing setelah nyaris terlibat dalam kecelakaan yang dialami Randy de Puniet pada lap pertama. Meskipun selamat, tetapi pebalap Amerika Serikat ini sudah tertinggal jauh dari pebalap-pebalap di depan, sehingga dia harus puas finis di posisi sembilan.

0 comments:

Posting Komentar